Pages

Rabu, 03 Oktober 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK (Kepenjualan)
Mata Pelajaran            : Menata Produk
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit

  1. Standar Kompetensi : 1.   Menata Produk
  2. Kompetensi Dasar     : 1.1 Menginterprestasikan Perencanaan Visual   Penataan Produk
  3. Indikator                    :
1.      Menjelaskan pengertian Menata Produk.
2.      Mendeskripskan Penataan Produk dari suatu perusahaan.
3.      Menjelaskan Pengertian Segmentasi,Targeting dan Positioning Pasar.

  1. Tujuan Pembelajaran           :
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian Menata Produk dengan benar setelah berdiskusi kelompok.
2.      Siswa mampu  Mendeskripskan Penataan Produk dari suatu perusahaan.
3.      Siswa mampu Menjelaskan Pengertian Segmentasi,Targeting dan Positioning Pasar.
  1. Materi Pembelajaran            :
Menata Produk.
F.     Metode Pembelajaran           :
a.       Ceramah
b.      Pemberian tugas
c.       Diskusi
d.      Tanya jawab

  1. Langkah-langkah Pembelajaran     :
a.       Kegiatan Awal
a)      Salam pembuka
b)      Doa
c)      Presensi siswa
d)      Apersepsi
Sebelum kita memulai pelajaran, Ibu akan bertanya kepada kalian…..”apa alasan kalian masuk jurusan  Penjualan? … baiklah.., macam-macam pendapat dan alasan ya…..!
e)      Informasi Materi
“Baik hari ini untuk mengetahui apa itu Menata Produk, maka hari ini kita akan mempelajari tentang Mengintreprestasikan Perencanaan Visual Perancanaan Produk”.
f)       Informasi Tujuan
4.      “Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar kalian dapat mengetahui Mendeskripskan Penataan Produk dari suatu perusahaan”.
b.      Kegiatan Inti
a)      Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yaitu: A, B, C, D, E.
b)      Setiap kelompok, berdiskusi tentang materi yang telah ditentukan.
c)      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
d)     Bersama dengan guru membahas kegiatan yamg dilakukan.
c.       Kegiatan Akhir
a)      Kesimpulan
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan didiskusikan dengan bimbingan guru, mengenai pemahaman pengertian penataan produk
Umpan balik.
                                                              i.      Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan tentang materi yang belum dimengerti
                                                            ii.      Siswa diberi soal evaluasi
b)      Siswa merevisi jawaban dengan bimbingan guru
c)      Refleksi
                                                              i.      Siswa bersama guru mengungkapkan kesan dan pesan selama pembelajaran.
                                                            ii.      Dari kegiatan yang telah kita lakukan bersama, pelajaran apa yang dapat kalian ambil dari pembelajaran hari ini….
d)     Tindak Lanjut
Siswa diberi tugas kelompok (PR)
e)      Doa
f)       Salam penutup
  1. Alat dan Sumber Belajar     :
a.    Buku-buku Menata Produk yang relevan
b.   Modul Menata Produk Bab I
  1. Penilaian                                :
a.       Tes tertulis
b.      Non tes
c.       Hasil pengamatan
d.      Keaktifan
e.       Hasil diskusi dan rangkuman
f.       Penilaian Proses
-   Prosedur Penilaian      : Dilaksanakan selama proses pembelajaran
-   Jenis Penilaian             : Aktivitas/perbuatan
-   Bentuk Penilaian         : Observasi/Pengamatan
-   Alat Penilaian              : Lembar Pengamatan
g.      Penilaian Hasil
- Prosedur Penilaian       : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran
- Jenis Penilaian              : Tulis/Lisan
- Bentuk Penilaian          : Subjektif
- Alat Penilaian               : Soal Evaluasi dan Kunci Jawaban



LAMPIRAN
Lampiran 1
  1. Rangkuman Materi Pelajaran
Pengertian Penataan Produk
            Produk adalah barang/jasa yang dihasilkan oleh produsen. Dan produsen adalah orang/ badan yang berfungsi sebagai pihak yang menghasilkan barang/jasa.
Produktif mempunyai arti usaha dan kemampuan yang bisa menunjang produksi.
            Dapat diuraikan bahwa produksi adalah usaha untuk menciptakan suatu benda/jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
            Tujuan Produksi          :
a.       Meningkatkan kemakmuran
b.      Mendapatkan keuntungan
c.       Memenuhi pasar Internasional
d.      Memperbanyak barang/jasa
e.       Memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri
f.       Menghasilkan Barang/Jasa yang berkualitas tinggi
Hasil prodoksi dibedakan menjadi     :
a.       Produk barang
1)      `Barang Konsumsi
2)      Barang Modal
b.      Produksi jasa
1)      Langsung
2)      Tidak langsung
Produsi dapat ditinjau dari pelakunya dibedakan menjadi 2:
a.       Pribadi
b.      Kolektif

 Penataan Produk atau display adalah penataan produk, terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentudengan tujuan menarik minat konsumen. William J Shultz berpendapat bahwa “Display adalah suatu cara untuk menarik minat konsumen pada barang dan memunculkan minat untuk membelinya setelah melihat barang tersebut.
Hal- hal yang diperhatikan dalam pelaksanaan display yang baik adalah salah satu cara memperoleh keberhasilan dalam menjual barang.
Tujuan Display adalah sebagai berikut:
1.      Attention dan interest customer
Menarik perhatian pembeli dengan cara membeli warna dan lampu atau aksesoris yang lain
2.      Desire dan Action customer
Menimbulkan keinginan memiliki barang  yang dipamerkan di toko dan kemudian melakukan pembelian.
Display dibagi 3 bagian:
a.       Window display
b.      Interior display
c.       Exterior display
Selain display diatas, yang perlu diperhatikan adalah:
1.  dealer display adalah penataan dengan cara wholesaler yang terdiri dari simbol. Petunjuk tentang produk tersebut dan memperlihatkan kegunaan produk dalam gambar dan petunjuk.
2.  Store design dan dekorasi  adalah tanda yang berupa simbol,lambang, poster, gambar, semboyan dan bendera yang diletakkan diatas meja atau digantung dalam toko.
Untilitas Barang adalah benda yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Dalam ilmu ekonomi “Barang ” dibedakan menjadi 6 sebagai berikut:
      1. Ketersediaan
      2. Hubungan antara barang/jasa
      3. Jaminan
      4. Proses Pembuatan
      5. Daya tahan
      6. Penggunaanya
Nilai Barang dan Jasa
Dibedakan menjadi 2:
1. Nilai pakai objektif : Kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia
2.Nilai pakai Subjektif            :Faktor yang menentukan tinggi rendahnya nilai pakai atau unsur psikologis pemakaian.

PENATAAN PRODUK DARI SUATU PERUSAHAAN

SOP adalah penataan produk barang supermarket atau langkah- langkah yang ditempuh penataan produk dijadikan acuan untuk menarik perhatian konsumen membeli suatu produk tersebut.
Hal ini diistilahkan dengan visual merchendaising,yakni bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. Dimana langkahnya dilakukan dengan display dan label.
5 Cara pendisplayan penataan produk            :
a. Gunakan Eye- Technique/ Eye- Cathcing dan colour Breaking bertujuan memajang barang agar diperhatikan oleh konsumen dan berdasarkan tatap muka yang pertama kali, biasanya produk yang sedang tren.
b. Face yaitu pemajangan produk tampak muka, sehingga produk tersebut menghadap ke depan
c. letakkan barang sesuai ukuran dan beratnya
d. Tinggi tiap jalur sama
Pendisplayan yang baik, teliti dan teratur untuk memberi 5 kemudahan bagi konsumen maupun pihak perusahaan      :
a. mudah memilih
b. Mudah diambil dan diletakkan kembali
c. Mudah dilihat
d. Mudah dirapikan
e. mudah dimengerti
Hal lain yang bermanfaat akan menguntungkan perusahaan, yaitu    :
a.       Mengidentifikasi laku tidaknya produk
b.      Meminimkan barang yang kosong
c.       Meningkatkan penjualan
d.      Meningkatkan kesan toko
Pendisplayan yang baik akan Mendatangkan hasil yang baik bagi perusahaan. Pendisplayan yang baik adalah sebagai berikut      :
a.       POP (Point of Purchase)yaitu kode barang
Yaitu suatu himbauan bagi pembeli agar timpul keinginan membeli
Seperti POP yang diambil dari Indomart

b.      Peralatan Display barang supermarket            :
1)      Wagon (boks besar menyimpan produk yang sedang promo/diskon)
2)      Showcase (Pendingin produk sosis dan dairy)
3)      Single hook (Gantungan untuk produk sikat gigi dan sosis)
4)      Hambalan (Kayu sebagai dasar penempatan display)
5)      End Gondola (Gondola yang paling ujung dan untuk disewa)
6)      Frozen island ( Box besar untuk produk beku)
c.       Istilah dan perlengkapan display barang supermarket            :
1)      Piramid (Hambalan yang terdiri atas 2 tingkat untuk  pemajangan)
2)      COC (Check on Counter  yaitu pemajangan produk yang menempel di kassa)
3)      Floor Display (Pemajangan produk di lantai)
4)      POP (kode barang)
5)      Face (Pemajangan produk di lantai)
6)      Tier (Barisan pemajangan barang dari depan ke belakang)
7)      Bay (Alat pemajangan buah, peletakannya miring dan lurus)
8)      SKU (Himbauan produk yang sedang promo)
d.      Cara penataan produk supermarket    :
1)      Berurutan sesuai jenis barang
a.       Barang yang sangat dibutuhkan konsumen
b.      Barang yang sama dan efisien kegunaannya
c.       Barang yang sedang trend
d.      Barang yang mempunyai kualitas baik
e.       Barang yang berprestasi
2)      Brand blocking
Yaitu penempatan barang dengan ketentuan merk barang harus terlihat di bagian muka.
a.       Disusun sesuai jenis dan klasifikasinya
b.      Harga barang diletakkan dari harga murah ke harga mahal
c.       Barang disusun menurut jenis, kategori, bentuk dan sifatnya.

Lampiran 2
  1. Lembar Soal
Ø  Berilah tanda silang (x) huruf a,b,c,d, atau e pada salah satu jawaban yang paling tepat!
Ø  Soal Pilihan Ganda
1)      Penataan produk juga bisa disebut sebagai…………………
a.       Account
b.      Display
c.       Custom
d.      Segmentation
e.       Position
2)      William J. Shultz berpendapat mengenai “display” dalam pengertian bahasa Indonesia adalah………………………….
a.       Keinginan dari konsumen untuk membeli
b.      Keberhasilan dalam menjual suatu produk
c.       Suatu cara untuk menarik minat konsumen untuk melihat barang/produk
d.      Timbulnya keinginan untuk memiliki barang
e.       Memajang barang produk
3)      Tujuan dari display berikut, kecuali…………..
a.       Menarik perhatian dan menimbulkan keinginan memiliki barang
b.      Mengelola barang
c.       Memproses pengadaan barang
d.      Menjual barang
e.       Pemajangan barang
4)      Memajang barang, gambar, kartu harga, symbol di depan toko untuk mencari konsumen disebut………………..
a.       Interest customer
b.      Attention
c.       Action Customer
d.      Window display
e.       Desire
5)      Tujuan dari window display dibawah ini, adalah…………….
a.       Agar produk terjual
b.      Bisa dinikmati oleh pengunjung
c.       Pengelolaan barang
d.      Memajang barang
e.       Menimbulkan daya tarik terhadap seluruh suasana toko
6)      Interior display terdiri dari…………macam
a.       3 macam
b.      2 macam
c.       1 macam
d.      4 macam
e.       5 macam
7)      Yang dimaksud dengan Closed Display adalah………….
a.       Tidak bisa dilihat
b.      Tidak bisa dipegang
c.       Barang yang dipajang dalam keadaan tertutup
d.      Tidak bisa diteliti
e.       Barang/produk yang disembunyikan
8)      Barang yang dipajang ditempat terbuka, sehinggga dapat dihampiri, dipegang, dilihat, dan diteliti pembeli   disebut………………
a.       Exterior display
b.      Display
c.       Dealer display
d.      Open display
e.       Interior Display
9)      Memperlihatkan barang di luar toko, seperti obral/pasar malam disebut sebagai……………………..
a.       Exterior display
b.      Decoration Display
c.       Closed Display
d.      Interior display
e.       Window Display
10)   Yang dimaksud dengan dealer display adalah………………….
a.       Memperlihatkan barang dalam penggunaan seperti contoh
b.      Memajang produk atau barang dilantai
c.       Barang yang dipajang dalam keadaan tertutup
d.      Barang yang dipajang dalam keadaan terbuka
e.       Penataan dengan cara member symbol, petunjuk dan kegunaan produk itu sendiri.
11)   Kepanjangan dari SOP adalah…………………..
a.       Standart Operating Procedure
b.      Standart Operating Produksi
c.       Sistem Operating Produksi
d.      Sistem  Operasi Produksi
e.       Sistem Operating Production
12)   SOP adalah…………………………….
a.       Penataan produk
b.      Sistem yang digunakan oleh produsen barang
c.       Langkah penataan produk yang dijadikan acuan untuk menarik pembeli
d.      Standart produksi
e.       Sistem pengoprasian produk yang digunakan untuk menarik pembeli
13)  Menata produk bisa disebut juga……………………..
a.       Penataan                                  d. Visual Merchant
b.      Visual Merchandaising           e. Visualitation
c.       Merchant
14)  Perlengkapan yang diperlukan untuk menyusun VM adalah …….
a.       Tabel                                       d. Bar code
b.      Kode barang                           e. Harga jual
c.       Label dan display
15)  Ketentuan label harus memuat informasi-informasi seperti di bawah ini, kecuali ……
a.       GMS                                       d. Tanggal
b.      Bar code                                  e. Kode
c.       Size (ukuran)
16)  Yang dimaksud dengan display adalah ……
a.       Penampilan
b.      Menampilkan, meletakkan produk pada suatu tempat sehingga menarik perhatian
c.       Peletakan
d.      Penampilan produk yang akan dijual
e.       Peletakan barang yang sesuai dengan kategori
17)  Yang dimaksud dengan gondola adalah …………
a.       Rak tempat barang-barang
b.      Peralatan toko
c.       Peralatan display yang terdiri dari rak panjang secara utuh
d.      Pen-display
e.       Kayu yang diletakkan sebagai dasar
18)  Kepanjangan dari POP adalah ………….
a.       Prepare Organization Point                 d. Point Of Purchase
b.      Point Of Procedure                             e. Point Of Prepare
c.       Point Of Promotion
19)  Display di swalayan yang harus diperhatikan adalah penggunaan ruangan, disesuaikan dengan ……….
a.       Jenis merek
b.      Jenis kode barang
c.       Tipe
d.      Ukuran barang produk
e.       Kategori produk dan ukuran kemasan
20)  Pendisplay-an yang baik akan memudahkan konsumen, kecuali ……..
a.       Dibayar                                               d. Dirapikan
b.      Dilihat                                                 e. Diletakkan kembali
c.       Dipilih


B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
Ø  Soal Esay
1.      Penataan produk dengan tujuan menarik minat konsumen adalah ……………………………………………………………………………
2.      Attention dan Internet Customer, Desire dan Action Customer termasuk dalam ……………………………………………………………………..
3.      Memajang barang, gambar, kartu harga, simbol di depan toko untuk menarik calon konsumen adalah pengertian dari …………………………
4.      Closed Display adalah ……………………………………………………..
5.      Tujuan dari adanya Closed Display adalah ………………………………..
6.      “Suatu cara untuk menarik minat konsumen pada barang dan memunculkan keinginan membeli setelah melihat barang adalah Display menurut ……………………………………………………………………
7.      Menarik perhatian pembeli dengan cara membeli warna, lampu serta aksesoris adalah tujuan dari display ……………………………………….
8.      Menyatakan kualitas dan harga barang sebagai ciri khas suatu toko adalah tujuan dari ………………………………………………………………….
9.      Memajang barang dalam pengguanaannya seperti di ruang tamu, di kamar tidur, di dapur disebut ……………………………………………………...
10.  Eksterior Display adalah …………………………………………………..
11.  SOP penataan produk adalah………………………………………………
12.  Visual Merchendaising adalah…………………………………………….
13.  Salah satu pendisplayan sebagai pedoman penataan produk adalah………
14.  Display juga memiliki keuntungan bagi……………………………………
15.  SOP display swalayan yang harus diperhatikan adalah…………………….
16.  FIFO kepanjangan dari……………………………………………………...
17.  SKU digunakan sebagai…………………………………………………….
18.  POP kepanjangan dari………………………………………………………
19.  Hambalan adalah peralatan display produk yang berupa…………………
20.  Cara penataan produk supermarket harus………………………………….


Lampiran 3
  1. Kunci Jawaban
A.    Soal Pilihan Ganda


1.      B
2.      C
3.      C
4.      D
5.      E
6.      A
7.      C
8.      D
9.      A
10.  E
11.  A
12.  C
13.  B
14.  C
15.  A
16.  B
17.  C
18.  D
19.  E
20.  A



B.     Jawaban Soal Esay.
1.      Penataan produk/ display
2.      Tujuan display
3.      Window Display
4.      Barang yang dipajang dalam keadaan tertutup, dan tidak dapat dipegang, diteliti, oleh pembeli selain petugas yang melayani yang bertujuan melindungi dari kerusakan dan pencurian.
5.      melindungi dari kerusakan dan pencurian.
6.      William j.Shultz
7.      Attention dan interest costumer
8.      Window Display
9.      Artichular display
10.  Memperlihatkan barang diluar toko seperti obral dan pasar malam
11.  Langkah- langkah penataan produk yang menjadi acuan untuk menarik minat pembeli
12.  Penataan produk yang bertujuan untuk menarik minat konsumen
13.  Peletakkan Barang menurut ukuran dan beratnya
14.  Konsumen dan pihak perusahaan
15.  Ruangan
16.  First in first out
17.  Himbauan untuk produk yang sedang promo
18.  Point Of Phurchase
19.  Kayu sebagai dasar pamajangan barang
20.  Berurutan sesuai jenis barang, brand and blocking.


Lampiran 4
  1. Rubrik Penilaian

LEMBAR PENGAMATAN

Mata Pelajaran               : Menata Produk
Satuan Pendidikan         : SMK (Kepenjualan)
Kelas/Semester               : X (sepuluh) / 1 (satu)
Materi Pokok                 : Mengintreprestasikan Perencanaan Visual     Penataan Produk

No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Ket.
Keaktifan
Keberanian
Kerjasama
Ketepatan Jawaban
Pengumpulan Tugas
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C





































Ø  KRITERIA PENILAIAN
No.
Aspek
Indikator
Nilai
Ket.
1
Keaktifan
Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat tanpa diminta
A
A= BAIK

B= CUKUP

C= KURANG
Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat setelah diperintah
B
Jika siswa pasif (diam saja)
C
2
Keberanian
Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta
A
Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah diperintah
B
Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah adanya paksaan
C
3
Kerjasama
Jika siswa ikut serta mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
A
Jika siswa ikut serta dalam kelompok tanpa mengungkapkan pendapatnya dalam pembahasan LKS
B
Jika siswa tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
C
4
Ketepatan Jawaban
Jika jawaban yang diungkapkan siswa benar dan tepat seluruhnya
A
Jika jawaban yang diungkapkan siswa masih ada yang belum benar atau kurang tepat
B
Jika jawaban yang diungkapkan siswa belum benar atau salah
C
5
Pengumpulan Tugas
Jika siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal pengumpulan
A
Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari jadwal pengumpulan
B
Jika siswa tidak mengumpulkan tugas
C



Ø  SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian kualitatif apabila dikonversikan ke dalam bentuk penilaian kuantitatif dengan menggunakan skala 100, yaitu:

PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
Penilaian Kuantitatif
Keterangan
A
76–100
Baik
B
51–75
Cukup
C
26–50
Kurang
Rumus Penilaian Lembar Pengamatan:  
Keterangan:
Np    : Nilai Pengamatan
Na  :  Nilai Keaktifan
Nb  :  Nilai Keberanian
Nc  :  Nilai Kerjasama
N:  Nilai Ketepatan Jawaban
Ne  :  Nilai Pengumpulan Tugas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pages